Rabu, 18 Juli 2012


FIQH  MUAMALAH

Definisi

Tujuan mempelajari fiqh muamalah
            Memahami aturan syariat dalam hal tukar-menukar hak atu mendapatkannya dan terjaga diri dari pendapatan yang haram

عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الْحَلَالُ بَيِّنٌ وَالْحَرَامُ بَيِّنٌ وَبَيْنَ ذَلِكَ أُمُورٌ مُشْتَبِهَاتٌ لَا يَدْرِي كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ أَمِنَ الْحَلَالِ هِيَ أَمْ مِنَ الْحَرَامِ فَمَنْ تَرَكَهَا اسْتِبْرَاءً لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ فَقَدْ سَلِمَ وَمَنْ
وَاقَعَ شَيْئًا مِنْهَا يُوشِكُ أَنْ يُوَاقِعَ الْحَرَامَ كَمَا أَنَّهُ مَنْ يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يُوَاقِعَهُ أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى أَلَا وَإِنَّ حِمَى اللَّهِ مَحَارِمُهُ (رواه الترمذي , حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ 1126)
روي أن عمر رضي الله عنه كان يطوف بالسوق ويضرب بعض التجار بالدرة، ويقول :" لايبيع بسوقنا إلا من يفقه ، وإلا أكل الربا شاء أم أبى[1]



MACAM-MACAM AKAD

1.    JUAL BELI

A. Definisi

          Penukaran barang dengan barang atas dasar suka sama suka.

B. Rukun[2]

1.    Penjual
2.    Pembeli
3.    Barang
4.    Shighah (ijab qabul)
-Mu’athah [3]
Pertama, pendapat jumhur (Hanafiyah, Malikiyah dan yang rajih dalam madzhab Hanabilah bahwa jual beli tersebut sah, selama hal itu memang biasa dilakukan,menunjukkan atas kerelaan dan benar-benar mampu mengungkapkan maksud kedua belah pihak.

Alasan pendapat ini adalah ijma, dimana pada setiap zaman perdagangan model dmikian itu selalu ada,akan tetapi tidak nampak ada diantara para ulama yang menolak kondisi itu. Jika demikian itu berarti mereka sepakat akan bolehnya, dan itu adalah ijma’.

Kedua, pendapat syafi’iyyah bahwa itu tidak sah dan akad harus berlangsung dengan kata-kata baik tegas atau kiasan.

Alasannya adalah, sabda Rasulullah s.a.w:” Sesungguhnya jual beli sah jika memang atas dasar suka sama suka” ( sahih menurut Ibnu Hibban), sedang ridho adalah perkara tersembunyi maka harus ada yang menjadi 



C. Syarat
a. Syarat penjual dan pembeli[4]
1.    Berakal
2.    Lebih dari satu
b. Syarat barang [5]
1.    Ada pada waktu akad, kecuali salam dan istishna’
2.    Merupakan harta yang bernilai
-Bukan najis
-Mengandung manfaat yang mubah
3.    Dimiliki pihak khusus
4.    Dapat diserahkan pada waktu akad

c. Syarat ijab qabul [6]
1.    Ahliyah (kompetensi) dari pelaku
2.    Persesuaian antara ijab dan qabul
3.    Bersatunya forum

e. Syarat sah jual beli[7]
 Terbebas dari hal-hal berikut:
1.    Ketidak jelasan (Jahalah). Menyangkut;
-Jenis barang, macam dan kadar bagi pembeli
-Harga
-Waktu
2.    Paksaan
3.    Pembatasan waktu
4.    Penipuan
5.    Syarat yang merusak






KHIYAR

Definisi

          Hak kedua pihak untuk meneruskan atau membatalkan transaksi.

Macam-macam khiyar[8]

1.    Khiyar majlis
Khiyar selama kedua pihak masih dalam tempat akad, belum berpisah secara fisik atau salah satu memberi pilihan, kemudia yang lain memilih jadi. Khiyar ini hanya ada pada transaksi tukar menukar barang atau harta.
à Menurut madzhab Syafi’i dan Hambali dan ditolak oleh dua yang lain.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ إِذَا تَبَايَعَ الرَّجُلَانِ فَكُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا وَكَانَا جَمِيعًا أَوْ يُخَيِّرُ أَحَدُهُمَا الْآخَرَ فَإِنْ خَيَّرَ أَحَدُهُمَا الْآخَرَ فَتَبَايَعَا عَلَى ذَلِكِ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْعُ وَإِنْ تَفَرَّقَا بَعْدَ أَنْ تَبَايَعَا وَلَمْ يَتْرُكْ وَاحِدٌ مِنْهُمَا الْبَيْعَ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْع (رواه مسلم/2822)

2.    Khiyar syarat
Hak memilih bagi salah satu atau kedua pihak yang bertransaksi untuk meneruskan atau membatalkan akad sesuai dengan batas waktu atau syarat yang disepakati (mis. Persetujuan suami / orang tua) yang disepakati.
à Disepakati

3.    Khiyar aib
Hak memilih bagi salah satu atau kedua pihak yang bertransaksi untuk meneruskan atau membatalkan akad jika terjadi cacat pada barang yang belum diketahui sebelumnya. à Disepakati
عن وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ حَدَّثَنَا أَبِي سَمِعْتُ يَحْيَى بْنَ أَيُّوبَ يُحَدِّثُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ شُمَاسَةَ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ بَاعَ مِنْ أَخِيهِ بَيْعًا فِيهِ عَيْبٌ إِلَّا بَيَّنَهُ لَهُ (رواه ابن ماجه / 2237)

4.    Khiyar ru’yah
Hak memilih bagi salah satu atau kedua pihak yang bertransaksi untuk meneruskan atau membatalkan akad ketika melihat barang, jika belum mengetahui pada waktu akad atau sebelumnya dalam tempo yang lazimnya barang tersebut tidak berubah.
àMenurut empat madzhab kecuali Syafi’i, karena termasuk menjual sesuatu yang tidak ada pada waktu akad.


5.    Khiyar naqd
Hak memilih bagi salah satu atau kedua pihak yang bertransaksi untuk meneruskan atau membatalkan akad jika alat tukar tidak terpenuhi sampai waktu yang disepakati.
àMadzhab Abu Hanifah berdasar pada istihsan

                                                           

لازم لا تقبل الفسخ           : الزواج
                                                        لازم  تقبل الفسخ (بطريق الإقالة      : المعاوضات المالية
                                            نافذ               لازم تقبل الفسخ لأحد الطرفين       : كالكفالة، الرهن
                        صحيح                        غيرلازم بطبيعة          العقد           : كالوكالة، الإعارة   
بالخيار

عقد                                                                                       

موقوف         : كعقد الفضولي، وعقد الصغير المميز فيما يترددبين الضرر والنفع


                غير صحيح    جمهور         باطل / فاسد
                                       
                                حنفية          باطل (ما اختل ركنه أو محله) : كعقد المجنون، بيع الخمر

فاسد (ما كان مشروعا بأصله دون وصفه ):كبيع سيارة من بين السيارات دون تعيين لوجود الجهالة الفاحشة

Jual beli yang sah tapi haram[9]
1.     Jual beli najsy
عن ابن عمر قال:"نـهى رسول الله – ص- عن بيع النجش"( البخاري ومسلم)
2.     Jual beli pada waktu atau setelah adzan jum,at berkumandang [10]  Begitu pula selain sholat jumat atas dasar qias
ياأيهالذين آمنوا إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا إلى ذكر الله وذروا البيع (الجمعة: 9)
Hukum
Sah & Haram               àSyafi’iyyah
Sah & Makruh Tahrim         àHanafiyyah
Batal                                       àMalik & Ahmad

3. Merebut penjualan atau pembelian pihak lain
عن ابن عمر عن النبي –ص- قال:لا يبع أحدكم على بيع أخيه
(رواه أحمد،وفي معناه ما في الصحيحين)
أن من باع من رجلين فهو للأول منهما ( رواه أحمد)

Hukum

Batal  àDhahiriyyah[11]

Sah     àSyafi’iyyah & Abu Hanifah dll



4. .Jual beli di masjid [12]

" إذا رأيتم من يبيع أو يبتاع في المسجد فقولوا : لا أربح الله تجارتك"

          Hukum
Sah                      à Abu Hanifah
Sah    & makruh à Malik dan Syafi’i
Batal & haram    à Ahmad

Pembagian akad ditinjau dari sudah dikenal syariat atau belumnya.[13]
1.     Akad yang sudah dikenal, misalnya, jual beli, ijarah, syarikah
2.     Belum dikenal, misalnya, pesan, bai’ul wafa[14]’, istijrar


Menurut pendapat yang rajih tidak ada larangan secara syar’i untuk menciptakan model-model transaksi baru selama tidak melanggar kaidah umum syariat
 
 





Macam-macam jual beli yang benar

1.     Salam[15]
A.   Definisi:
Menjual sesuatu yang masih dalam tanggungan dengan kriteria tertentu dengan harga yang diberikan di depan”
0       
B.   Dasar hukum
(1) يا أيهاالذين آمنوا إذا تداينتم بدين إلى أجل مسمى فاكتبوه (البقرة: 282)
 (2) ِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَهُمْ يُسْلِفُونَ فِي الثِّمَارِ السَّنَةَ وَالسَّنَتَيْنِ فَقَالَ مَنْ أَسْلَفَ فِي تَمْرٍ فَلْيُسْلِفْ فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعـْلُومٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ  (مسلم/3010)
(3) إجماع
C.   Rukun salam
-Ijab dan qabul

D.   Syarat
*  Syarat uang pemesanan
-Diketahui jenisnya àEmas, perak, dinar, dolar dsb
-Diketahui kadarnya
-Diberikan dalam forum transaksi

*Syarat barang yang dipesan
-Masih dalam tanggungan
-Jelas mengenai kadar, kriteria
-Jelas waktu penyerahannya.
-Terbebas dari illat riba[16]







2.     Istishna[17]

A.   Definisi
              “Pesan kepada produsen untuk dibuatkan sesuatu tertentu”
B.   Dasar Hukum
-Ijma’
C.   Syarat
Kejelasan jenis, kadar dan sifat barang yang dipesan
D.   Hukumnya
*Bagi produsenà Jika pemesan telah melihat dan rela maka barang tersebut menjadi haknya dan produsen tidak berhak menjual kepada pihak lain

*Bagi pemesan                   Jika sesuai            Lazim                   : Abu Yusuf
                                                              Ghoiru lazim: Abu Hanifah
Jika tidak sesuai àGhoiru lazim

E.   Perbedaannya dengan salam
1.    Dalam salam uang harus diserahhkan pada waktu akad. Sementara dalam istitishna’ tidak menjadi syarat
2.     Barang yang dipesan dalam salam dianggap sebagai hutang yang merupakan barang-barang yang bisa diambil dari pasaran, adapun dalam istishna’ berupa barang yang masih harus dibuat.

                                     Jual beli yang batal
                                                    
  1. Jual beli gharar
A.   Definisi
Setiap jual beli yang mengandung unsur ketidak jelasan atau perjudian.

Ketidak jelasan tersebut misalnya terkait dengan

a. Ada atau tidaknya barang
Contoh
-Menjual hewan yang masih dalam kandungan
-Menjual buku sebelum dicetak                  

Hukum
Akad tersebut batal                                     Imam Madzhab empat
Ibnu Taimiyyah & Ibnul Qayyim     berpendapat alasannya karena mengandung “gharar  bukan karena “tidak ada”[18]

Dasar
عن ابن عمر أن رسول الله  ص : نهى عن بيع حبل الحبلة (البخاري ومسلم)


Masalah
-Menjual susu dalam ambing
-Menjual wol masih pada hewan
              Jumhur                 Batal
              Malik                    Sah

عن ابن عباس أنه قال: نهى رسول الله  ص أن تباع ثمرة حتى تطعم , ولا يباع صوف على ظهر , ولا لبن في ضرع ( الطبراني)






b.    Menjual yang tidak bisa diserah terimakan

Contoh
-Menjual burung di udara
-Menjual ikan di sungai
-Menjual barang yang dicuri

Hukum
Batal               Imam Madzhab empat

Dasar
عن أبي هريرة : أن النبي نهى عن بيع الحصاة وعن بيع الغرر ( مسلم , أحمد )   


  1. Jual barang najis & mutanajjis
A.   Contoh
B.   Hukum
C.    Dasar


2. Jual beli ‘urbun (porskot)


Bentuk:
Seseorang bermaksud membeli barang dan membayar sebagian harga dengan kesepakatan jika ia teruskan maka itu termasuk harga jika batal maka itu menjadi milik penjual.

Hukum[19]
عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ الْعُرْبَانِ قَالَ أَبمو عَبْد اللَّهِ الْعُرْبَانُ أَنْ يَشْتَرِيَ الرَّجُلُ دَابَّةً بِمِائَةِ دِينَارٍ فَيُعْطِيَهُ دِينَارَيْنِ عُرْبُونًا فَيَقُولُ إِنْ لَمْ أَشْتَرِ الدَّابَّةَ فَالدِّينَارَانِ لَك(ابن ماجه َ2184 )


          Jumhur                          à batal
          Ibnu umar, Ahmad                  à sah.
Hadits di atas dhaif.


3. Jual beli riba

Definisi:
              Kelebihan harta tanpa adanya pengganti pada transaksi tukar menukar harta dengan harta.

Hukum:
              Haram, bahkan menurut semua agama samawi
Al Baqarah : 278
عَنْ جَابِرٍ قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ (مسلم : 2995)
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حَنْظَلَةَ غَسِيلِ الْمَلَائِكَةِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دِرْهَمٌ رِبًا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتَّةٍ وَثَلَاثِينَ زَنْيَة (أحمد : 20951)

Barang-barang ribawi dan alasannya (‘illatnya)
       i.                                                            Barang-barang ribawi yang disebut dalam hadits
1.     Emas                    2. Perak                3. Gandum
4. Kurma                   5. Garam
 * عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ وَالْبُرُّ بِالْبُرِّ وَالشَّعِيرُ بِالشَّعِيرِ وَالتَّمْرُ بِالتَّمْرِ وَالْمِلْحُ بِالْمِلْحِ مِثْلًا بِمِثْلٍ سَوَاءً بِسَوَاءٍ يَدًا بِيَدٍ فَإِذَا اخْتَلَفَتْ هَذِهِ الْأَصْنَافُ فَبِيعُوا كَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًا بِيَدٍ (مسلم : 2970)
* عن فَضَالَةَ بْنَ عُبَيْدٍ الْأَنْصَارِيَّ يَقُولُا أُتِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ بِخَيْبَرَ بِقِلَادَةٍ فِيهَا خَرَزٌ وَذَهَبٌ وَهِيَ مِنَ الْمَغَانِمِ تُبَاعُ فَأَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالذَّهَبِ الَّذِي فِي الْقِلَادَةِ فَنُزِعَ وَحْدَهُ ثُمَّ قَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَزْنًا بِوَزْنٍ (مسلم : 2978)

b.‘Illat riba

Madzhab
Jenis barang
Emas dan perak
Gandum, kurma, garam
Hanafiyah[20]
Timbangan & jenis
Takaran & jenis
Malikiyah [21]
Alat tukar
Makanan
-Pokok & disimpan    à Rb. Fadhl
-Mutlak                      à Rb. Nasiah
Syafi’iyah[22]
Alat tukar
Makanan
-Sbg. Mk. Pokok        à Gandum
-Sbg. Buah                 à Kurma
-Sbg. Obat mk ./ bdn à Garam
Hanabilah [23]
Ada 3 riwayat
Dzahiriyah[24]
Dogmatis (tanpa alasan) dan menolak qiyas

Tarjih[25]
Emas dan perak                      à standard harga / alat tukar
Gandum, kurma, garam                    à makanan pokok


Hikmah pengharaman riba
1.        Riba menyebabkan terjadinya permusuhan antar manusia dan menghapus jiwa solidaritas sesama.
2.        Sistem riba menciptakan kelompok berlebihan harta, selalu menghisap keuntungan dari pihak lain tanpa usaha riil, bagaikan benalu masyarakat.
3.        Sistem riba merupakan jalan menuju penjajahan
4.        Bertentangan dengan semangat Islam untuk memberikan hutang sebagai bantuan murni kepada yang membutuhkan.

Macam-macam riba: 2
1.     Fadhl               :menjual uang atau yang sehukum dengan uang, atau
                          makanan dengan makanan disertai dengan tambahan

2.     Nasiah             : Tambahan yang disyaratkan kreditur kepada debitur
                          sebagai ganti tempo yang diberikan.

Cara jual beli barang ribawi
1. Sama jenis, sama illat                   à sama kadar & secara langsung (cash)
                                      Mis    : -dinar dengan kalung emas
                                                  -beras dengan beras
2. Beda jenis, sama illat           à boleh beda kadar & harus (cash)
                                      Mis    : -emas dengan perak
                                                  -beras dengan jagung
3. Beda jenis, beda illat           à boleh beda kadar & cash atau kredit
                                      Mis    -uang dengan beras



Cara jual beli barang non ribawi
          Jika suatu barang terbebas dari kategori ribawi, maka boleh dilakukan transaksi dengan bebas, sama atau beda kadar, cash maupun kredit untuk dua barang satu jenis maupun beda jenis. Misalnya,
-satu baju dengan 2 baju
-satu mobil dengan empat sepeda motor
-tanah dengan tanah
-hewan dengan hewan dsb.


Diantara transaksi ribawi pada zaman sekarang

4. Jual beli ‘inah

Bentuk :
          Seseorang membutuhkan uang kemudian ia beli barang dengan harga tertentu dengan bayar kredit. Lalu ia jual kembali barang tersebut kepada pihak pertama dengan harga lebih murah.

Hukum
          Haram termasuk riba walaupun tampaknya dalam bentuk jual beli.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَئِنْ تَرَكْتُمُ الْجِهَادَ وَأَخَذْتُمْ بِأَذْنَابِ الْبَقَرِ وَتَبَايَعْتُمْ بِالْعِينَةِ لَيُلْزِمَنَّكُمُ اللَّهُ مَذَلَّةً فِي رِقَابِكُمْ لَا تَنْفَكُّ عَنْكُمْ حَتَّى تَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ وَتَرْجِعُوا عَلَى مَا كُنْتُمْ عَلَيْهِ (أحمد : 4765 )

2.H U T A N G

Definisi:
          Harta yang diserahkan kreditur kepada debitur untuk dikembalikan lagi berupa harta sejenis pada waktu yang lain.

Dasar hukum     
1. Sunnah
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَيْتُ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِي عَلَى بَابِ الْجَنَّةِ مَكْتُوبًا الصَّدَقَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا وَالْقَرْضُ بِثَمَانِيَةَ عَشَرَ فَقُلْتُ يَا جِبْرِيلُ مَا بَالُ الْقَرْضِ أَفْضَلُ مِنَ الصَّدَقَةِ قَالَ لِأَنَّ السَّائِلَ يَسْأَلُ وَعِنْدَهُ وَالْمُسْتَقْرِضُ لَا يَسْتَقْرِضُ إِلَّا مِنْ حَاجَةٍ
 ) ابن ماجه : 2422)
 عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُقْرِضُ مُسْلِمًا قَرْضًا مَرَّتَيْنِ إِلَّا كَانَ كَصَدَقَتِهَا مَرَّةً (ابن ماجه : 2421)
2. Ijma’

Hukum
          Sunnah bagi kreditur dan mubah bagi debitur
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ ... (مسلم : 4867)
Pembatasan waktu[26]
          Jumhur       à tidak berfungsi
          Malik          à berfungsi

Obyek Hutang

Setiap yang sah diperjual belikan dan mempunyai padanan.
Misalnya:
-Barang yang diukur dengan timbangan, cont; emas, beras
-Barang yang diukur dengan takaran,      cont;  minyak
-Barang yang diukur dengan bijian          cont; baju, lampu
-Dsb

Yang harus dikembalikan debitur
Barang semula atau yang sejenis

Kaidah fiqhiyyah
Oval: Hutang yang menarik manfaat adalah riba 



Batasan riba tsb
          Jika memang disyaratkan pada waktu akad atau menjadi adat. Bila tidak, maka boleh memberikan tambahan baik kwalitas maupun kwantitas atau manfaat lain pada waktu mengembalikan.

Dasar
عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي رَافِعٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَسْلَفَ مِنْ رَجُلٍ بَكْرًا فَأَتَاهُ يَتَقَاضَاهُ بَكْرَهُ فَقَالَ لِرَجُلٍ انْطَلِقْ فَابْتَعْ لَهُ بَكْرًا فَأَتَاهُ فَقَالَ مَا أَصَبْتُ إِلَّا بَكْرًا رَبَاعِيًا خِيَارًا فَقَالَ أَعْطِهِ فَإِنَّ خَيْرَ الْمُسْلِمِينَ أَحْسَنُهُمْ قَضَاءً  (النسائي : 4538)
Hukum tabungan dan deposito di bank konvensional







3.     S E W A[27]

Definisi:
          -Etimologis           : Menjual manfaat
          -Trminologis        : Sda
Hukum
Boleh          à Semua ulama, kecuali:
Abu Bakr Al Asham, Ismail bin ‘Aliyyah, Hasan Al     Bashry, Al Qasyany, An Nahrawani dan Ibnu Kisan

Dasar hukum

وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَاجُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا ءَاتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّـقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِير ٌ(البقرة :233)
قَالَتْ إِحْدَاهُمَا يَاأَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْأَمِين ُ(26) قَالَ إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أُنْكِحَكَ إِحْدَى ابْنَتَيَّ هَاتَيْنِ عَلَى أَنْ تَأْجُرَنِي ثَمَانِيَ حِجَجٍ فَإِنْ أَتْمَمْتَ عَشْرًا فَمِنْ عِنْدِكَ وَمَا أُرِيدُ أَنْ أَشُقَّ عَلَيْكَ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّالِحِين  َ(القصص:27)
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعْطُوا الْأَجِيرَ أَجْرَهُ قَبْلَ أَنْ يَجِفَّ عَرَقُهُ  (ابن ماجه: 2434)

Rukunnya:
1.     Dua pihak yang bertransakai
2.     Shighah (ijab qabul)
3.     Obyek transaksi (manfaat dan upah)

Syarat sahnya
1.     Kerelaan dua belah pihak
2.     Kejelasan manfaat (waktu, jenis manfaat)
-Jika manfaat itu berupa barang       àBoleh menurut Ibnul Qayyim[28]
3.     Kejelasan upah
4.     Mampu dipenuhi secara hakiki maupun hukmi
5.     Kemampuan menyerahkan barang yang disewakan yang bermanfaat tersebut[29]
6.     Manfaat itu mubah bukan haram atau wajib[30]

Sifat transaksi sewa[31]
Hanafiyyah                   Lazim          , bisa dibatalkan karena udzur tertentu selain yang ada pada jual beli
Jumhur                         Lazim, hanya bisa dibatalkan jika terdapat alasan sebagaimana yang ada dalam jual beli         

Batal atau berakhirnya
a.     Munculnya cacat pada barang
b.     Rusaknya barang
c.      Terpenuhinya manfaat dan habisnya waktu


4.  MUDHARABAH

Definisi:
Transaksi antara dua pihak dimana pihak pertama mnyerahkan modal kepada pihak ke dua untuk dikembangkan dengan pembagian keuntungan sesuai kesepakatan.

Nama lain:
          Qiradh dan mu’amalah

Hukum:
          Boleh
Dasar :
Ijma’
Rukun:
1.     Dua pihak yang bertransaksi
2.     Obyek transaksi (modal, kerja dan keuntungan)
3.     Shighah (ijab qabul)

Syarat
1.     Modal berupa uang atau nilai barang dengan uang
2.     Modal cash
3.     Diketahui kadarnya
4.     Pembagian keuntungan berdasar pada prosentase yang disepakati
5.     Bidang kerja tidak dibatasi (Malik dan Syafi’I)


Sifat akad:
Sebelum mulai kerja                                    G. Lazim à muttafaq
Setelah dimulai kerja                                  Lazim


Yang membatalkan:
1.     Hilangnya salah satu syarat sah
2.     Meninggalnya salah satu pihak kecuali menurut Malikiyah
3.     Gilanya salah satu pihak
4.     Habisnya modal



5. S Y I R K A H
Definisi
          Et    : Percampuran
          Ter  : Akad antara dua pihak dalam modal dan keuntungan[32]

Hukum                : Mubah
Dasar Hukum
          -Shad          :  24

Macam-macamnya[33]
A.   S. Amlak
Def.                 : Kepemilikan dua pihak atau lebih terhadap harta tanpa adanya akad berserikat, baik itu disengaja mis. 2 orang membeli satu barang atau diberi hibah, atau secara paksa mis. Keduanya mendapat warisan satu barang.

Hukumnya      : tidak boleh saling gunakan harta diluar bagiannya tanpa izin
B.   S. ‘Uqud / Amwal
1. S. ‘Inan            à disepakati
2. S. Abdan          à Hnb, Mlk, Hnf
3. S. Mufawadhah         à    x    Mlk, Hnf
4. S. Wujuh          à Hnb,    x  , Hnf


Rukun S. ‘Uqud
1.     Dua pihak atau lebih yang bertransaksi
2.     Harta (obyek akad)
3.     Shighah ( akad)
S. ‘Inan

Definisi       :Persekutuan antara dua pihak atau lebih pada jumlah tertentu dari harta mereka untuk dikembangkan bersama dengan pembagian keuntungan sesuai dengan kesepakatan.





S. Mufawadhah

Definisi       : Transaksi dua pihak atau lebih untuk berserikat atas pekerjaan dengan syarat adanya persamaan modal, penggunaan dan agama. Sehingga setiap anggota menjadi penjamin setiap transakasi pihak yang lain.
                  
                   * S. Mufawadhah bisa berubah menjadi s. ‘inan jika salah satu syaratnya tidak terpenuhi.[34]

S. Wujuh

Definisi            : Transaksi dua pihak yang berpengaruh atau lebih untuk berserikat tanpa modal untuk membeli barang dengan pembayaran tunda kemudian dijual dengan cash dengan pembagian keuntungan dan kerugian sesuai yang disepakati.

S. Abdan

Definisi       :Perserikatan antara dua pihak atau lebih untuk menerima pengerjaan order kerja dengan pembagian keuntungan sesuai dengan yang disepakati.

Sifat akad syarikah               : ghoiru lazim[35]

Yang membatalkan syarikah secara umum[36]
1.     Pembatalan oleh salah satu pihak yang berserikat
2.     Matinya salah satu diantara mereka
3.     Gilanya salah satu diantara mereka
4.     Murtadnya salah satu diantara mereka dan berada di negara musuh
Yang membatalkan syarikah secara khusus
1.     Rusaknya semua barang syarikah atau barang salah satu pihak sebelum terjadi percampuran modal dalam syarikah amwal (‘inan dan mufawadhah)
2.     Terjadinya perbedaan nilai harta milik dua pihak yang berserikat setelah terealisir pada awal akad dalam syarikah mufawadhah


6. JUALAH
(Sayembara)

Hukum      : Boleh        Jumhur (malikiyah, syafi’iyah, hanabilah)
                     Tidak        Hanafiyah sebab mengandung gharar yaitu:
                                      Tidak jelasnya pekerjaan dan waktu kerja.
                                      Kec. ...
Dasar hukum jumhur:
1.QS. Yusuf : 72


 5295 عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِي اللَّهم عَنْهم أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَوْا عَلَى حَيٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ فَلَمْ يَقْرُوهُمْ فَبَيْنَمَا هُمْ كَذَلِكَ إِذْ لُدِغَ سَيِّدُ أُولَئِكَ فَقَالُوا هَلْ مَعَكُمْ مِنْ دَوَاءٍ أَوْ رَاقٍ فَقَالُوا إِنَّكُمْ لَمْ تَقْرُونَا وَلَا نَفْعَلُ حَتَّى تَجْعَلُوا لَنَا جُعْلًا فَجَعَلُوا لَهُمْ قَطِيعًا مِنَ الشَّاءِ فَجَعَلَ يَقْرَأُ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَيَجْمَعُ بُزَاقَهُ وَيَتْفِلُ فَبَرَأَ فَأَتَوْا بِالشَّاءِ فَقَالُوا لَا نَأْخُذُهُ حَتَّى نَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلُوهُ فَضَحِكَ وَقَالَ وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ خُذُوهَا وَاضْرِبُوا لِي بِسَهْم (البخاري)


7. WAKALAH
A.  Definisi
Etm            : Penyerahan
Term          : Meminta pihak untuk menganti dalam hal yang bisa diganti
         
B.  Hukum      : Boleh
C.  Dasar
1.    Ayat
فابعثوا أحدكم بورقكم هذه إلى المدينة ...(الكهف :    )
2.    Hadits
3.    Ijma’

D.  Rukun
1.    Dua pihak yang berakad
2.    Ijab qabul

E.   Sifat aqad           : jaizah bukan lazimah
F.   Syarat
·       Muwakkil
- Berkompeten
·       Wakil
- Berakal
·       Hal yang diwakilkan
-   Jelas
-   Mubah
-   Bisa diwakili menurut syara’

G.  Sifat wakil          : sebagai penerima amanah
H.  Masa penwakilan
* Mulai               : sejak selesai akad
* Berakhir
-         Matinya salah satu pihak atau gila
-         Telah terlaksana
-         Pemutusan dari salah satu pihak
-         Keluarnya obyek dari penguasaan pihak pertama


8. ‘A R I Y A H

A.  Definisi
Etm            : Datang dan pergi atau saling berganti
Term          : Perbolehan pihak pertama kepada pihak lain untuk memanfaatkan miliknya tanpa ganti
                  
B.  Hukum      : Sunnah bagi yang meminjamkan
  Mubah bagi yang meminjam
C.  Dasar
Ayat
وتعاونوا على البر والتقوى                       ويمنعون الماعون
Hadits

D.  Rukun
a.     Dua pihak yang berakad
b.    Ijab qabul

E.   Sifat aqad : jaizah bukan lazimah
F.   Syarat
1.    Yang meminjamkan berkompeten
2.    Barang bisa dimanfaatkan tanpa menghilangkannya
3.    Manfaat tersebut mubah

G.  Masa peminjaman
* Mulai               : sejak barang diterima
* Berakhir          : sampai selesai menggunakan atau barang tersebut diminta pemilik selama tidak berefek negatif terhadap peminjam

H.  Hukum pengembalian         : wajib bila telah selesai
I.      Bila Rusak
Ibnu Abbas & Syafi’I                     Peminjam wajib menanggung
Mz. Hanafi & Maliki                      Tidak menanggung kecuali bila ceroboh




[1] Fiqh sunnah 3/125
[2] Ini adalh menurut pendapat jumhur ulama’. Adapun menurut Hanafiah yaitu: ijab dan qabul yang menunjukkan terhadap pertuakaran atau semakna misalnya, mu’athah (tukar menukar tanpa bicara). Al Fiqhul Islamy :4/ 347.
[3] AFI 4/350
[4] AFI  :4/354
[5] AFI  :4/357
[6] AFI  :4/ 358
[7] AFI  :4/ 379
[8]  AFI :4/ 250
[9] AFI : 4 / 238
[10] Fiqh Sunnah: 3 / 149
[11] Fiqh Sunnah: 3 / 140
[12] Fiqh Sunnah: 3 / 149
[13] AFI : 4 / 243
[14] Yang rajih hukumnya seperti  rahn .Fiqh Sunnah: 3 / 151
[15] Fiqh Sunnah : 3 / 171 AFI : 4/ 597
[16] AFI : 4/604
[17] Fiqh Sunnah : 3/ 151 AFI : 4 / 631-635
[18] Al Fiqhul Islamy              : 4 / 429
[19] F.S : 3 / 156
[20] F.I  : 4/ 676
[21] F.I  : 4/ 684
[22] F.I  : 4/ 686
[23] F.I  : 4/ 689
[24] F.I  : 4/ 691
[25] F.I  : 4/ 692
[26] F.I : 4/ 721 & F.S : 3/ 183
[27] F.S : 3 / 198 F.I : 4 / 730
[28] F.I : 4 / 733
[29] Jika manfaat itu ada pada barang bukan orang dan pemanfaatan itu mengharuskan penyerahan barang.
[30] Lihat pendapat Sayyid Sabiq  tentang upah atas ibadah yang pahalanya dihadiahkan kepada orang lain. F.S :3 / 202
[31] F.I : 4 / 755 -757
[32] F.S :3 / 294 F.I : 4 / 292
[33] F.I : 4 / 794-795
[34] F.I  : 4 / 798
[35] F.I : 4 / 827
[36] F.I : 4/ 828 - 831

0 komentar:

Posting Komentar